SMP / Kurikulum

Akreditasi A dengan Nilai 96

Kurikulum SMP Islam Al-Falaah mengacu kepada kurikulum pendidikan nasional / K13 untuk kelas VII, KTPS untuk Kelas VIII, IX, dan pengembangan kurikulum muatan lokal yang disesuaikan dengan visi dan misi pendidikan Islam Al-Falaah.

Sistem Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran di SMP Islam Al-Falaah dilaksanakan dengan konsep pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) – Gembira dan Berbobot (GEMBROT), serta berupaya untuk memfasilitasi perkembangan Multiple Intelligences murid. Nilai-nilai pembelajaran Agama Islam dan Karakter Pendidikan di integrasikan dalam setiap mata pelajaran. SMP Islam Al-Falaah melaksanakan pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran. Pembelajaran Agama Islam dan Al Qur’an dikembangkan melalui praktek/pembiasaan ibadah sehari-hari yang meliputi shalat Dzuhur berjamaah, tadarus Al Qur’an, hafalan surat-surat pendek dan do’a sehari-hari, shalat Jum’at, Shodaqoh Sehari Seribu (S.3), Shalat Dhuha dan Keputrian. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan ratio antara guru dengan siswa 1:25 (satu kelas 25 siswa).

[vc_tta_tabs]

Kegiatan Remedial merupakan fasilitas dari sekolah untuk siswa kelas I-VI dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Remedial diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM pada setiap Kompetensi Dasar.
  • Remedial dapat dilaksanakan berupa Remedial Teaching maupun Remedial Test, penugasan bila siswa belum juga mencapai KKM.
  • Tidak ada kegiatan remedial pada saat Ujian Tengah Semester dan Ujian Semester.

Umumnya kegiatan pengayaan dilaksanakan sebagai pembinaan/persiapan kegiatan lomba. Intensitas kegiatan lomba yang diikuti SMP Islam Al-Falaah.

[/vc_tta_tabs]

Program Pengembangan

[vc_tta_accordion]

Program pembiasaan berbahasa Inggris kepada siswa yang dilaksanakan setiap hari selama 30 menit dalam Kegiatan Belajar Mengajar di dalam kelas.

Selain pemantapan program windows, siswa SMP Islam Al-Falaah akan diajarkan perangkat software (email, browsing, video, blog) dan hardware.

Program yang diajarkan diaplikasikan langsung oleh siswa dalam bentuk tugas individual atau kelompok dalam bentuk yang bervariatif. Fasilitas pendukung yang memadai yaitu adanya Laboratorium Komputer yang terintegrasi oleh system dan infocus pada setiap kelas diharapkan dapat menjadi jembatan siswa dalam menjelajahi teknologi informatika sejak tingkat smp.

Jenis kegiatan penunjang yang terintegrasi dengan program pembelajaran:

  • Memperingati Hari besar Islam
  • Memperingati Hari Besar Nasional
  • Buka Puasa bersama
  • Pesantren Kilat
  • Fieldtrip
  • Hari Lingkungan Hidup
  • Hari Narkoba
  • Hari Batik
  • Alesco
  • Hari Pramuka
  • Hari Bumi
  • Hari Guru.
  • Persari untuk Siaga.
  • Upacara Bendera
  • Upacara Bendera
  • OSIS
  • LDKS
  • MOPD
  • Perjumsa untuk penggalang
  • Keputrian
    Diikuti oleh siswa kelas IV – VI pada saat pelaksanaan sholat Jum’at dengan materi pembahasan seputar “ keputrian “.
  • Khataman Al-Qur’an
  • Istighosah dalam menghadapi UN
  • Bimbel persiapan Ujian,dll
    • Menari
    • Drumband
    • Mewarnai
    • Menggambar
[/vc_tta_accordion]

Penilaian

Teknik/jenis evaluasi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di SD Islam Al-Falaah adalah :

  1. Tes Lisan / praktek
  2. Penugasan
  3. Karya Tulis
  4. Portofolio ( dokumen pekerjaan / karya siswa )
  5. Tes Tertulis yang terdiri dari :
    • Ulangan Harian
    • Ujian Tengah Semester
    • Ujian Akhir Semester
    • Try Out
    • Ujian Akhir Sekolah
    • Ujian Nasional

Informasi hasil pembelajaran murid akan diberikan dalam bentuk :

  1. Mid Semester Report
  2. Semester Report

Target Lulusan TK Al-Falaah

[vc_tta_tabs]
  1. Lulus 100%
  2. Prestasi akademi terbaik di ujian nasional
  3. Dapat melanjutkan ke sekolah2 lanjutan favorit
  1. Terbiasa salat 5 waktu, salat berjamaah
  2. Terbiasa salat sunnah :dhuha, rawatib
  3. Bacaan zikir, Doa salat & doa harian
  4. Mampu memimpin dzikir & tahlil & salat berjamaah
  5. Terampil membaca al-quran
  6. Terbiasa melaksanakan puasa wajib
  7. Pembiasaan Shodaqoh
  8. Dapat melakukan pengurusan jenasah, penyembelihan hewan sesuai dg syariat islam
  1. Religius
  2. Kreatif
  3. Mandiri
  4. Tanggung Jawab
  5. Rasa Ingin Tahu
  6. Toleransi
  7. Bersahabat / Komunikatif
  8. Disiplin
  9. Cinta Tanah Air
  10. Peduli Sosial
  11. Semangat Kebangsaan
  12. Gemar Membaca
  13. Cinta Damai
  14. Peduli Lingkungan
  15. Kerja Keras
  16. Demokratis
  17. Menghargai Prestasi
  18. Jujur
  1. Dapat berkomunikasi dengan bahasa inggris
  2. Dapat mengoperasionalkan program windows office, membuat blog, email scr mandiri dan perangkat kasar komputer
  3. Memiliki kemampuan membuat dan mempresentasikan makalah / film pendek dengan perangkat tekhnologi
[/vc_tta_tabs]

STRATEGI PENCAPAIAN TARGET

  1. Modeling;setiap warga sekolah, terutama guru, secara ikhlas siap menjadi model/contoh bagi siswa dalam pembentukan pribadi – pribadi yang luhur.
  2. Membentuk tim – tim kerja yang bertanggung jawab untuk meraih keunggulan pada bidang akademik maupun non akademik.
  3. Menggalang kerjasama dengan stakeholder sekolah;orang tua siswa dan mitra lainnya yang dapat mendorong tercapai target yang telah ditentukan.
  4. Melaksanakan sholat zhuhur berjamaah tepat waktu setiap hari.
  5. Melaksanakan BTQ setiap hari selasa, rabu, dan kamis.
  6. Memberi infaq setiap hari.
  7. Mengumpulkan tabungan qurban  sebelum pelaksanaan qurban.
× Ada yang dapat kami bantu?