SD / Kurikulum

Akreditasi A

Kurikulum SD Islam Al-Falaah merupakan perpaduan kurikulum dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, serta kurikulum muatan agama yang mengacu pada Departemen Agama.

Sistem Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran di SD Islam Al-Falaah dilaksanakan dengan konsep pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) – gembira dan berbobot (GEMBROT) serta berupaya untuk memfasilitasi perkembangan Multiple Intelligences siswa. Nilai-nilai Keislaman dan Karakter diintegrasikan dalam setiap mata pelajaran. SD Islam Al-Falaah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan mata pelajaran dan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk kelas I dan IV sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka, sedangkan pada kelas II, III, V, dan VI menggunakan pendekatan tematik sebagai bentuk implementasi kurikulum 2013. Pembelajaran Agama Islam juga dikembangkan melalui praktek / pembiasaan beribadah sehari-hari, seperti sholat Dzuhur berjamaah; tadarus Al-Qur’an; hafalan surat pada juz 30, hadits, dan doa harian; sholat Jum’at; amal Jumat; Shodaqoh Sehari Seribu (S3); sholat Dhuha; dan Keputrian. Layanan bimbingan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan ratio antara guru dengan siswa yaitu 2 : 15 (terdapat 2 orang guru di kelas 1 dan 2). Adapun jumlah siswa umumnya berkisar antara 28-32 di tiap kelasnya.

Kegiatan remedial merupakan fasilitas dari sekolah untuk siswa kelas I-VI dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Remedial diberikan untuk siswa yang belum mencapai KKM pada setiap Kompetensi Dasar.

2. Remedial dapat dilaksanakan berupa remedial teaching maupun remedial test, penugasan bila siswa belum juga mencapai KKM.

3. Tidak ada kegiatan remedial pada saat penilaian sumatif.

Kegiatan pengayaan dalam pembelajaran melalui peran tutor sebaya saat kegiatan pembelajaran, atau pembinaan siswa dalam persiapan perlombaan yang akan diikuti oleh sekolah.

Program Pengembangan

Program pembiasaan bahasa Inggris melalui kegiatan Native Speaker pada alokasi waktu tertentu.

Berupa kegiatan pengenalan dan pendalaman program windows atau Microsoft Office menggunakan fasilitas laboratorium komputer yang memadai untuk proses pembelajaran dengan frekuensi kunjungan siswa sebanyak 2 jam pelajaran setiap minggu.

Jenis kegiatan penunjang yang terintegrasi dengan program pembelajaran:

  • Memperingati Hari besar Islam
  • Memperingati Hari Besar Nasional
  • Buka Puasa bersama
  • Pesantren Kilat
  • Karyawisata (Field Trip)
  • Hari Ibu
  • Hari Buku
  • Hari Cuci Tangan
  • Hari Pramuka
  • Hari Bumi
  • Hari Batik</li
  • Hari Guru
  • Pesta Siaga untuk Siaga.
  • Junior Camp untuk penggalang
  • Upacara Bendera
  • Math & Science Day
  • Performance Anak Negeri
  • Keputrian
    Diikuti oleh siswa kelas III – VI pada saat pelaksanaan sholat Jum’at dengan materi pembahasan seputar “keputrian”.
  • Outdoor Study dan Gelar Karya P5 sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka
  • Khataman Al-Qur’an
  • Istighosah dalam menghadapi UN
  • Bimbel persiapan Ujian,dll
    • Pramuka
    • Menari
    • Bulutangkis
    • Futsal
    • Basket
    • Karate
    • Paduan Suara
    • Mewarnai
    • Melukis
    • Robotic
    • Bahasa Ingris (ILP)
    • Manga
    • Science Einstein
    • Panahan

Penilaian

Teknik/jenis penilaian/asesmen kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di SD Islam Al-Falaah diantaranya:

  1. Unjuk Kerja
  2. Proyek
  3. Penugasan
  4. Portofolio (dokumen pekerjaan/karya siswa)
  5. Tes (Tertulis/Lisan) dalam Penilaian/Asesmen formatif dan Sumatif. Asesmen Sumatif, terdiri dari :
    • Penilaian Harian
    • Penilaian Tengah Semester
    • Penilaian Akhir Semester
    • Penilaian Akhir Tahun
    • Ujian Sekolah

Informasi hasil belajar pembelajaran siswa akan diberikan dalam bentuk

  1. Rapor Tengah Semester
  2. Rapor Akhir Semester
  3. Rapor Keagamaan
  4. Rapor P5 (Implementasi Kurikulum Merdeka)

Target Lulusan SD Al-Falaah

Prestasi akademik terbaik di Ujian Sekolah, maupun kegiatan perlombaan ilmiah.

  1. Pandai membaca Al –Qur’an
  2. Hafal juz ke 30 & surat pilihan, Asmaul Husna, dan hadits pendek
  3. Terbiasa salat 5 waktu, salat berjamaah
  4. Terbiasa salat sunah Dhuha, Rawatib
  5. Bacaan zikir, doa salat & harian
  6. Terbiasa melaksanakan puasa wajib
  7. Pembiasaan Shodaqoh
  8. Berakhlakul karimah
  1. Religius
  2. Kreatif
  3. Mandiri
  4. Tanggung Jawab
  5. Rasa Ingin Tahu
  6. Toleransi
  7. Bersahabat
  8. Komunikatif
  9. Disiplin
  10. Cinta Tanah Air
  11. Peduli Sosial dan Lingkungan
  12. Semangat Kebangsaan
  13. Gemar Membaca
  14. Cinta Damai
  15. Berpikir Kritis
  16. Gotong Royong
  1. Dapat berkomunikasi secara sederhana dengan bahasa Inggris
  2. Dapat mengoperasikan program Microsof Office
  3. Memiliki kemampuan membuat karya tulis
  4. Memiliki kemampuan menyelasaikan permasalahan sehari-hari sesuai tahapan perkembangannya