TK / Kurikulum

Akreditasi A

Pembelajaran  TK Islam Al-Falaah menggunakan Kurikulum Merdeka yang dikembangkan dengan berbagai macam muatan lokal yang dirancang dengan ciri khas sendiri dan terintegrasi dengan nilai-nilai Islam pada setiap pengembangannya dengan tidak melupakan keberagaman kecerdasan anak melalui pembelajaran yang mengembangkan Multiple Intelligence.

Pendidikan Agama Islam & Pembentukan Karakter menjadi perhatian yang utama dan pertama di Pendidikan Islam Al-Falaah. Oleh karena itu Agama Islam dan Pembentukan Karakter menjadi master dalam model pembelajaran di  TK Islam Al-Falaah. Nilai-nilai tersebut dikembangkan sedini mungkin, karena akan sangat penting bagi anak sebagai bekal dalam menghadapi tahapan pendidikan selanjutnya. Setiap Guru adalah contoh yang senantiasa memberikan ketauladanan bagi anak didiknya.

Sistem Pembelajaran

Sistem pengajaran menggunakan pendekatan Active Learning dan Learning by Playing serta berpusat pada anak. Anak diharapkan akan lebih aktif dan bebas mengekspresikan perasaannya atau ide-idenya dan juga berani mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang. Dengan suasana belajar seperti ini tentu akan menyenangkan dan komunikatif.

Di sisi lain keberbedaan kecerdasan anak juga sangat kami hargai dengan pembelajaran yang mengembangkan Multiple Intelligence. Sehingga kemampuan anak akan berkembang sesuai dengan kecerdasannya masing-masing. Oleh karena itu, di TK program kegiatan yang sebelumnya ekstrakurikuler dimasukkan ke dalam kegiatan intrakurikuler, misalnya : menari, menyanyi, melukis, drumband, komputer, bahasa inggris, bimbingan baca Al Quran dengan metode Iqra.

Satu Kelas Dua Guru

Untuk lebih tercapainya hasil pembelajaran dan pelayanan yang lebih maksimal terhadap ananda, maka di TK Islam Al-Falaah satu kelas dibimbing oleh dua orang Guru.

Program Pengembangan

Masa usia TK ( pra sekolah ) adalah masa emas dalam belajar bahasa, maka kami akan memperkenalkan percakapan bahasa inggris dalam kegiatan intrakurikuler.

Mengingat dunia teknologi yang terus berkembang dengan pesat di era informasi ini, maka anak-anak TK juga diberi pelajaran pengenalan computer secara sederhana.

Kegiatan intrakurikuler yang dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang dalam Capaian Pembelajaran. Kegiatan P5 dilaksanakan dengan konteks muatan lokal, hari besar nasional atau internasional.

Program yang lain dan Special Event yang kami laksanakan dalam rangka menunjang pengembangan anak & kurikulum adalah :

  • Memperingati Hari besar Islam
  • Memperingati Hari Besar Nasional
  • Home Visit
  • Outbond
  • Cooking Class
  • Performance day
  • Hari Ibu
  • Hari Ayah
  • Hari Guru
  • Hari Batik
  • Hari Menanam
  • Pekan Budaya, dll
    • Menari
    • Menggambar & Mewarnai
    • English Class
    • Komputer
    • Drumband

Penilaian

  1. Catatan anekdot
  2. Hasil Karya
  3. Ceklist tujuan pembelajar yang dicapai
  4. Foto Berseri

Target Lulusan TK Al-Falaah

  1. Motorik kasar: memiliki kemampuan gerak tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, lincah dan mengikuti aturan
  2. Motorik Halus: Memiliki kemampuan menggunakan alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk
  3. Kognitif: Dapat belajar dan memecahkan masalah sederhana, berfikir logis, mengenal, menyebutkan dan menggunakan lambang bilangan dan mengenal abjad.
  4. Bahasa: Dapat berkomunikasi secara verbal dan non verbal dengan baik untuk mengekspresikan diri
  1. Iqro 3
  2. Doa – doa harian
  3. Bacaan & gerakan salat
  4. Surat Pendek, surat pilihan,
  5. Pengenalan Hadist pendek
  6. Pembiasaan berpuasa
  7. Pembiasaan Shodaqoh
  1. Religius
  2. Kreatif
  3. Mandiri
  4. Tanggung Jawab
  5. Rasa Ingin Tahu
  6. Toleransi
  7. Bersahabat / Komunikatif
  8. Disiplin
  9. Cinta Tanah Air
  1. Mengenal kosakata bahasa inggris
  2. Mengenal ilmu dasar dalam mengoperasionalkan komputer