SD / Kurikulum

Akreditasi A

Kurikulum SD Islam Al-Falaah merupakan perpaduan kurikulum nasional dan muatan mata pelajaran agama yang mengacu pada Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah serta Kementerian Agama. Pengembangan kurikulum berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan yang dituangkan dalam pedoman Kurikulum Satuan Pendidikan serta menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik sebagai generasi Islami berkualitas yang Beriman, Berilmu, Berakhlak, dan Berkarakter.

Sistem Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran di SD Islam Al-Falaah dilaksanakan dengan konsep pembelajaran secara aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan menggunakan beragam pendekatan, model, strategi, maupun metode pembelajaran. Berupaya untuk memfasilitasi kebutuhan peserta didik sesuai capaian pembelajaran, delapan dimensi profil lulusan, serta keterampilan abad 21. Pembelajaran yang diterapkan menggunakan pendekatan mata pelajaran dan pendekatan proyek untuk penguatan profil lulusan sebagai bentuk implementasi kurikulum nasional. Pembelajaran Agama Islam dikembangkan melalui praktek dan pembiasaan beribadah sehari-hari, seperti shalat Dzuhur berjamaah; tadarus Al-Qur’an; hafalan surat pada juz 30, hadits, dan doa harian; shalat Jum’at; amal Jumat; Shodaqoh Sehari Seribu (S3); shalat Dhuha; dan Keputrian. Layanan bimbingan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan ratio antara guru dengan siswa yaitu 2 : 16 (terdapat orang guru di kelas 1 – 3), dengan jumlah siswa umumnya berkisar antara 28-32 di tiap kelasnya.

Muatan Kurikulum SD Islam Al-Falaah mencakup komponen intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler mengacu pada ketetapan pemerintah dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik satuan pendidikan.

Intrakurikuler merupakan kegiatan berkaitan dengan materi pembelajaran yang ditempuh peserta didik dalam bentuk mata pelajaran. Mata pelajaran yang diselenggarakan di SD Islam Al-Falaah meliputi mata pelajaran wajib dan muatan lokal (Mulok).

Mata pelajaran wajib terdiri dari:

  1. Pendidikan Agama Islam (PAI), yang terdiri dari Al-Qur’an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak dan Karakter
  2. Pendidikan Pancasila
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
  6. Seni Budaya
  7. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Mata pelajaran mulok terdiri dari:

  1. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Arab

Kokurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran wajib dimaksudkan untuk lebih memperdalam dan menghayati materi pelajaran yang sudah dipelajari pada kegiatan intrakurikuler, berpusat pada delapan dimensi profil lulusan, serta kekhasan satuan pendidikan seperti program Tadarus/Tahfizh, Field Trip, dan Gerakan Literasi Siswa (GLS).

Kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan potensi, minat, dan bakat peserta didik sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Kegiatan ini terdiri dari ekstrakurikuler wajib yaitu pramuka, dan ekstrakurikuler pilihan seperti:

  1. Mewarnai
  2. Menari
  3. Futsal
  4. Bulu tangkis
  5. Karate
  6. Melukis
  7. Basket
  8. Paduan suara
  9. Pencak silat
  10. Mawaris
  11. Manga
  12. Robotik
  13. English Club
  14. Bahasa Inggris
  15. Bahasa Korea
  16. Bahasa Jepang
  17. Science Club
  18. Cinematografi
  19. Panahan

Koding

Program Pengembangan

Program pembiasaan bahasa Inggris melalui kegiatan Native Speaker pada alokasi waktu tertentu yang dibimbing langsung oleh pengajar profesional dari luar negeri.

Berupa kegiatan pengenalan dan pendalaman program windows atau Microsoft Office menggunakan fasilitas laboratorium komputer yang memadai untuk proses pembelajaran dengan frekuensi kunjungan siswa sebanyak 2 jam pelajaran setiap minggu.

Jenis kegiatan penunjang yang terintegrasi dengan program pembelajaran:

  • Memperingati Hari besar Islam
  • Memperingati Hari Besar Nasional
  • Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
  • Upacara Bendera
  • Buka Puasa bersama
  • Pesantren Ramadhan
  • Karyawisata (Field Trip)
  • Persari untuk siaga
  • Junior Camp untuk penggalang
  • HUT RI
  • Manasik Haji
  • Performance Project
  • Hari Batik
  • Hari Guru dan Pahlawan
  • Keputrian (Diikuti oleh siswi kelas III – VI pada saat pelaksanaan sholat Jum’at dengan materi pembahasan seputar “keputrian”
  • Khataman Al-qur’an
  • Pelepasan Kelas VI
  • Motivasi dan Istigotsah (Diikuti oleh siswa/i kelas VI menjelang Asesmen Akhir Jenjang)
  • Pendalaman Materi persiapan Asesmen Akhir Jenjang

Asesmen

Asesmen pembelajaran sebagai informasi faktual atas capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik dilakukan saat awal, proses, maupun akhir pembelajaran. Bentuk asesmen meliputi asesmen formatif (awal atau proses), dan sumatif. Pelaksanaan Asesmen Sumatif terdiri dari :

  1. Harian
  2. Tengah Semester
  3. Akhir Semester
  4. Akhir Jenjang, TKA (kelas VI)

 

Teknik asesmen yang dilaksanakan di SD Islam Al-Falaah diantaranya:

  1. Tes (Tertulis/Lisan)
  2. Unjuk Kerja
  3. Proyek
  4. Penugasan
  5. Portofolio (dokumen pekerjaan/karya siswa)

 

Informasi hasil belajar pembelajaran siswa akan diberikan dalam bentuk:

  1. Rapor Tengah Semester

Rapor Akhir Semester

Target Lulusan SD Al-Falaah

  1. Lulus 100%
  2. Berprestasi pada perlombaan ilmiah
  1. Pembiasaan shalat 5 waktu, dan berjamaah
  2. Pembiasaan shalat sunah Dhuha dan Rawatib
  3. Pembiasaan melantunkan zikir, doa salat & harian
  4. Terampil membaca Al – qur’an
  5. Hafal juz ke 30 & surat pilihan, Asmaul Husna, serta hadits pendek
  6. Pembiasaan melaksanakan puasa wajib
  7. Pembiasaan shodaqoh
  8. Berakhlakul karimah
  1. Aku Al-Falaah (Salam, Salim, Maaf, Tolong, Terima kasih)
  2. Cinta Damai
  3. Peduli
  4. Tangguh
  5. Disiplin
  6. Mandiri
  7. Tanggung Jawab
  8. Kreatif
  9. Kritis
  10. Percaya Diri
  11. Terampil
  12. Berprestasi
  13. Gemar Membaca
  14. Adaptif
  15. Toleransi
  16. Cinta Tanah Air
  17. Komunikatif
  18. Kolaboratif
  1. Mampu berkomunikasi secara sederhana dengan Bahasa Inggris
  2. Memahami dan mengaplikasikan program Paint, Microsoft Office, Desain Grafis, dan Koding
  3. Memiliki kemampuan membuat karya tulis
  4. Memiliki kemampuan menyelasaikan permasalahan sehari-hari sesuai tahapan perkembangannya