Kegiatan pembelajaran di SD Islam Al-Falaah dilaksanakan dengan konsep pembelajaran secara aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan menggunakan beragam pendekatan, model, strategi, maupun metode pembelajaran. Berupaya untuk memfasilitasi kebutuhan peserta didik sesuai capaian pembelajaran, delapan dimensi profil lulusan, serta keterampilan abad 21. Pembelajaran yang diterapkan menggunakan pendekatan mata pelajaran dan pendekatan proyek untuk penguatan profil lulusan sebagai bentuk implementasi kurikulum nasional. Pembelajaran Agama Islam dikembangkan melalui praktek dan pembiasaan beribadah sehari-hari, seperti shalat Dzuhur berjamaah; tadarus Al-Qur’an; hafalan surat pada juz 30, hadits, dan doa harian; shalat Jum’at; amal Jumat; Shodaqoh Sehari Seribu (S3); shalat Dhuha; dan Keputrian. Layanan bimbingan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan ratio antara guru dengan siswa yaitu 2 : 16 (terdapat orang guru di kelas 1 – 3), dengan jumlah siswa umumnya berkisar antara 28-32 di tiap kelasnya.
Muatan Kurikulum SD Islam Al-Falaah mencakup komponen intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler mengacu pada ketetapan pemerintah dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik satuan pendidikan.